Selasa, 07 November 2023

MAHASISWA JKG POLKESMAR BENTUK DAN LATIH KADER UKGM WILAYAH KERJA PUSKESMAS PONCOL


   

 
    Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan yang dapat mempengaruhi kualitas hidup. Untuk mencapai cita-cita tersebut upaya kesehatan dilaksanakan melalui pendekatan “Primary Health Care” dimana masyarakat dibina, dimotivasi, digerakkan agar mampu melaksanakan dan berperan serta secara efektif dalam upaya pemeliharaan diri, pencegahan penyakit, dan dapat mencari bantuan pelayanan yang tepat bila diperlukan. Salah satu kegiatan yang dapat dilaksanakan adalah membentuk dan melatih kader kesehatan gigi dan mulut agar mampu menjadi penggerak atau promotor dalam hal kesehatan gigi dan mulut. 

    Pembinaan kader Posbindu di Kampung Begog, Kel. Purwodinatan, Kota Semarang merupakan salah satu kegiatan pembentukan dan pelatihan kader kesehatan gigi dan mulut yang dilaksananakan oleh mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Semarang semester VII dengan sasaran 8 orang kader Posbindu pada daerah tersebut. 

    Kegiatan pembentukan dan pelatihan kader ini dilaksanakan selama 2 hari. Pada hari pertama, kegiatan yang dilaksanakan adalah pemeriksaan gula darah gratis bagi masyarakat sekitar kemudian dilanjutkan dengan pre-test untuk melihat sejauh mana pengetahuan dan kemampuan kader terkait kesehatan gigi dan mulut sebelum dilakukan pelatihan. 

    Pada hari kedua, dilanjutkan dengan melakukan penyuluhan serta pelatihan kepada kader kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan data masalah dan prioritas masalah yang didapatkan. Materi yang disampaikan kepada kader antara lain :
a. Pengelolaan UKGM di Posbindu
b. Materi terkait gigi berlubang
c.  Materi terkait menyikat gigi
d. Materi terkait cara pemeriksaan gigi dan mulut sederhana
e. Materi terkait pengobatan gigi dan mulut sederhana
f.  Materi terkait cara melakukan rujukan 

   Kegiatan pelatihan yang diberikan kepada kader adalah terkait :
a. Pelatihan pemeriksaan gigi dan mulut sederhana
b. Pelatihan melakukan rujukan ke Puskesmas 


       

    Kegiatan pembentukan dan pembinaan kader berjalan cukup baik di tangan mahasiswa Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Semarang meskipun dibarengi dengan kegiatan pemeriksaan gratis dan Maulid Nabi yang ada di Kampung Begog, meskipun suasana kurang kondusif, kegiatan ini tetap dapat berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik, dibuktikan dengan meningkatnya pengetahuan dan keterampilan kader terkait kesehatan gigi dan  mulut setelah dilakukan penyuluhan dan pelatihan. 

    Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan makin banyak terbentuk kader-kader UKGM di lingkungan masyarakat, diharapkan kader UKGM ini mampu memberikan edukasi dan memberikan penanganan sementara apabila masyarakat sekitar membutuhkan bantuan cepat dan sementara dalam menangani sakit gigi. utamanya, melalui pembentukan dan pelatihan kader UKGM ini, derajat kesehatan gigi dan mulut di masyarakat dapat meninngkat. 

 





Lokasi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar